Sepanjang Sejarah Ada 16 Nama Penerima Gelar Pangkat Tituler, Siapa Saja?

Pangkat Tituler adalah suatu gelar yang sangat langka didapatkan. Hanya orang-orang istimewa yang bisa menerima gelar pangkat militer tersebut.

Pangkat Letnan Kolonel Tituler termasuk penghargaan yang langka dilakukan pemerintah maupun TNI. Sepanjang sejarah Indonesia, hanya 17 nama penerima Pangkat Titular.

Nama Deddy Corbuzier yang baru saja menerima Pangkat Letnan Kolonel Tituler pada Jumat 9 Desember 2022, berada di urutan ke 17.

Sebagaimana diketahui, Pangkat Letnan Kolonel Tituler TNI AD yang diterima Deddy Corbuzier dari Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto. Pangkat Tituler untuk Deddy Corbuzier itu mendapat persetujuan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman.

Berikut 17 nama penerima Pangkat Tituler di Indonesia dihimpun dari berbagai sumber:

  1. Paku Alam VI
  2. Paku Alam VII
  3. Paku Alam VIII
  4. Mangkunegara VII
  5. Mangkunegara VIII
  6. Nugroho Notosusanto
  7. Soerjadi Soerjadarma
  8. Pakubuwana X
  9. Pakubuwana XII
  10. Hamengkubuwana VIII
  11. Hamengkubuwana IX
  12. Melanchton Siregar
  13. Kyai Haji Darip Klender
  14. Teungku Muhammad Daud Beureu’eh
  15. Letnan Kolonel Tituler Idris Sardi
  16. Teuku Nyak Arif
  17. Letnan Kolonel Tituler Deddy Corbuzier

Dikutip dari Wikipedia, Tituler adalah suatu gelar yang diberikan kepada seseorang, tetapi orang yang diberikan gelar tidak harus melakukan tugas yang berkaitan dengan gelar yang diberikan.

Tituler adalah suatu gelar atau pangkat yang diberikan kepada seseorang yang membutuhkannya untuk keperluan-keperluan bersifat sementara, tetapi orang yang menerimanya tidak harus melakukan tugas yang berkaitan dengan gelar/pangkat yang diberikan jika keperluan itu telah dilalui atau telah diselesaikan berkaitan dengan pangkat atau gelar kehormatan yang diperoleh tanpa menjalankan tugas jabatan sebagai yang tersebut pada gelarnya.

Sementara di laman jdih.kemenkeu.go.id, yang dimaksud dengan Pangkat Tituler adalah pangkat yang diberikan kepada Warga Negara yang sepadan dengan jabatan keprajuritan yang dipangkunya, serendah-rendahnya Letnan Dua. Setelah yang bersangkutan tidak lagi memangku jabatan keprajuritan, maka Pangkat yang bersifat tituler dicabut.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *